Panduan untuk Memulai Bisnis Pertanian – Sebelum terjun untuk memulai bisnis pertanian, penting untuk bertanya pada diri sendiri apa yang Anda inginkan dari bisnis pertanian ini. Disarankan untuk memikirkan tujuan Anda dalam istilah “garis bawah bab”: orang, laba, dan planet.

Penghasilan macam apa yang Anda harapkan dari Bisnis Pertanian ini?. Pertanyaan spesifik lainnya untuk ditanyakan: Apa tujuan pribadi Anda untuk bisnis ini? (Yaitu memberikan penghasilan yang cukup untuk mempertahankan gaya hidup Anda).

  • Berapa banyak penjualan yang Anda ramalkan untuk bisnis pertanian Anda?
  • Berapa banyak karyawan yang diperlukan untuk menjalankan pertanian ini?

Apa tujuan profit Anda?

Adalah baik untuk memiliki sasaran SMART:

Khusus

  • Didefinisikan dengan baik
  • Jelas bagi siapa saja yang memiliki pengetahuan dasar tentang proyek

Terukur

  • Untuk mengetahui bahwa tujuan dapat diperoleh dan seberapa jauh seseorang jauh dari penyelesaian
  • Cari tahu kapan Anda telah mencapai tujuan

Disepakati

  • Perjanjian dengan semua pemangku kepentingan

Realistis

  • Didalam ketersediaan sumber daya, pengetahuan serta waktu

Berdasarkan waktu

  • Cukup waktu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan
  • Tidak memberikan terlalu banyak waktu karena akan mempengaruhi kinerja

Bagaimana Panduan untuk Memulai Bisnis Pertanian?

Rencana bisnis

Setelah Anda mengidentifikasi tujuan Anda, adalah bijaksana untuk membuat rencana bisnis sebelum memulai usaha baru. Ada beberapa templat yang tersedia. Salah satunya disebut Business Model Canvas.

Informasi di setiap bagian dari rencana bisnis juga harus mencakup evaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang mungkin berlaku.

Rencana produksi

Setiap kebun memiliki keunikan dalam hal lokasi, kualitas tanah, dan persyaratan tenaga kerja, dan sebagainya. Oleh karena itu, rencana bisnis harus mencakup “rencana produksi”. Ini akan mencakup perincian seperti bagaimana tambak beroperasi serta produk apa yang akan diproduksi untuk pasar.

Peralatan

Setiap tambak akan membutuhkan peralatan dan fasilitas penyimpanan agar berfungsi. Oleh karena itu, dalam rencana bisnis, juga penting untuk memasukkan biaya peralatan dan fasilitas penyimpanan.

Keuangan

Tanpa dana, tidak ada bisnis. Rencana matang untuk mendanai bisnis pertanian Anda sangat penting untuk kelangsungan bisnis Anda. Cari tahu sumber-sumber untuk mendapatkan modal serta berapa banyak modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis dengan sukses.

Lokasi

Sangat penting bahwa lokasi pertanian Anda sesuai dengan jenis produk yang ingin Anda hasilkan. Lokasi akan sangat tergantung pada keterbatasan ruang dan jenis pertanian. Misalnya, memproduksi Unggas Kisaran Bebas akan membutuhkan ruang yang lebih besar agar ayam berkeliaran dengan bebas.

Peralatan dan Ternak

Modal diperlukan untuk membeli ternak, peralatan, dan tanah. Oleh karena itu, penting untuk memiliki dana yang dianggarkan untuk menutupi pembelian atau penyewaan tanah untuk tempat pertanian di daerah yang sesuai.

Latihan

Dianjurkan untuk mendapatkan pelatihan atau menghadiri beberapa kursus lokal sebelum Anda memulai. Jika Anda tidak dapat menemukan kursus lokal di sekitar Anda, opsi lain adalah mengikuti kelas daring tentang cara memulai pertanian yang sukses .

Posisi pasar

Posisi pasar sangat penting ketika memulai usaha baru. Berikut adalah beberapa pertanyaan penting untuk dipertimbangkan:

  • Apakah ide ini memenuhi kebutuhan pasar?
  • Siapa saja kompetitornya?
  • Apa keunggulan kompetitif Anda?
  • Bisakah Anda membuat permintaan untuk produk Anda?

Pendanaan

Untuk mendukung siklus produksi rutin Anda, penting untuk memiliki kekuatan finansial yang memadai. Ada berbagai cara untuk melakukannya tergantung pada lokasi Bisnis Pertanian Anda.